BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Tuesday, January 4, 2011

Segmentasi Pasar yang Efektif

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif antara lain:

  1. Dapat diukur (measurability), yaitu informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencakup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur. Misalnya, jumlah segmen masyarakat kaya sebagai calon pembeli mobil yang dijadikan segmen penjualan mobil merek tertentu.
  2. Dapat dijangkau (accessibility), yaitu segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  3. Besarnya cakupan (substantiality), yaitu tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan bila dilayani. Suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok yang homogen dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani dengan program pemasaran yang disesuaikan.
  4. Dapat dilaksanakan, yakni program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen tersebut. Misalnya, sebuah perusahaan angkutan antarkota mengidentifikasi ada sepuluh segmen pasar, namun akibat kurangnya staff maka perusahaan hanya dapat mengembangkan program pemasaran untuk 5 segmen saja.

0 comments: